Film Perang Topat Menghadirkan Harmonisme Budaya Masyarakat

- 22 November 2021, 05:32 WIB
Sarasehan Budaya dalam rangkaian Welcome to Senggigi.
Sarasehan Budaya dalam rangkaian Welcome to Senggigi. /Dispar Lobar

 

KLIKMATARAM - Welcome to Senggigi menghadirkan Sarasehan Budaya yang di dalamnya mengulas video salah satu acara adat, yakni Perang Topat.

Perang Topat merupakan satu agenda budaya yang setiap tahun dipusatkan di Taman Pura Lingsar, Lombok Barat.

Acara sarasehan budaya kali ini menghadirkan Kabid Kebudayaan di Dikpora NTB dan salah satu tokoh inspiratif Fairuz Abadi atau yang akrab disapa Abu Macel.

Hadir juga seorang fotografer dan pegiat film Lombok Ming Muslimin, serta Kepala Desa Lingsar, Sahyan sebagai pembicara, pada Sabtu 20 November 2021.

Baca Juga: Video UAH Ini Kerasa Banget, Jadi Tahu Bedanya Berteman dengan Orang Taat dan Tidak Taat

Selama dua jam lamanya, ketiga narasumber berdiskusi tentang makna-makna dari video yang menayangkan prosesi-prosesi acara adat Perang Topat yang digelar di Pura Lingsar setiap purnama ke tujuh dalam penanggalan Suku Sasak.

Perang Topat sendiri merupakan salah satu acara adat yang menyiratkan harmonisme masyarakat dalam menjalani kehidupan di tengah perbedaan agama di tanah Lombok.

Acara ini kemudian sampai saat ini menjadi event pariwisata budaya tahunan di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang biasanya diadakan pada bulan Oktober dan menjadi salah satu atraksi wisata penyedot wisatawan le daerah Lobar.

Halaman:

Editor: Dani Prawira


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah